Perbandingan Pipa HDPE vs PVC

Di pasaran terdapat beragam produk pipa yang berbeda seperti pipa HDPE vs PVC. Pipa memiliki fungsi yang sangat penting. Itulah mengapa banyak orang yang mencarinya dan banyak juga produsen yang membuatnya. Sehingga tak heran bila banyak sekali produk yang ditemukan di pasaran. Pipa sendiri merupakan benda dengan bentuk silinder yang bahan pembuatnya terbuat dari plastik, besi dan bahan lainnya yang digunakan untuk  mengalirkan fluida seperti gas, cairan maupun udara. Produk pipa sendiri memiliki beragam karakteristik mulai dari bahan pembuatan, kekuatan, tekanan dan lainnya. Misalnya dari setiap bahan yang digunakan memiliki jenis plastik yang berbeda, sehingga untuk penggunaannya pun tidak sama. Diantara bahan-bahan tersebut ada HDPE dan PVC. Dari kedua bahan memiliki kegunaan dan keunggulan masing-masing.


Pipa HDPE vs PVC terbilang banyak digunakan, lalu apa saja perbedaan masing-masing bahan tersebut? Berikut akan dijelaskan perbedaannya. Untuk pipa HDPE (High Density Polyethylene) terbuat dari bahan polyethylene yang memiliki kepadatan tinggi sehingga dapat menahan tekanan yang lebih tinggi, sifatnya lentur tapi sangat kuat dan juga tahan terhadap berbagai bahan kimia. Dengan sifat yang yang lentur sehingga bisa digulung jadi dapat mengurangi penggunaan sambungan atau fitting. Selain itu tidak memiliki potensi untuk mengkontaminasi atau mencemari air dan dapat menjadi media sebagai tumbuhnya lumut. Dan juga dapat digunakan untuk instalasi air panas dan juga  air dingin. Sedangkan untuk pipa PVC (Polyvinyl Chloride) merupana pipa plastik terbuat dari gabungan material vinyl yang dapat menghasilkan pipa  kuat, ringan, tahan lama dan tidak berkarat. Sifat bahannya tidak flexible atau kurang lentur sehingga tidak bisa digulung jadi memerlukan banyak sambungan atau fitting. Jenis PVC putih lebih tahan terhadap paparan sinar ultraviolet namun tidak kuat dalam menahan lumut. Sedangkan jenis PVC abu-abu tahan terhadap lumut tetapi tidak tahan terhadap paparan sinar ultraviolet jadi lama kelamaan bisa bengkok. Dan hanya bisa digunakan instalasi untuk air dingin saja. Keduanya memiliki perbedaan untuk pemasangan, produk HDPE lebih cocok digunakan pada industri, jaringan saluran PDAM, jaringan pipa untuk dasar air laut dan saluran limbah. Sedangkan PVC lebih cocok digunakan untuk saluran irigasi, proyek perumahan, gedung dan jalan.

Itulah beberapa perbedaan pipa HDPE vs PVC. Keduanya tentu memiliki kegunaan pada masing-masing tempat yang berbeda. Jadi pastikan memiliki sesuai dengan kebutuhan yang akan digunakan.